Selasa, 01 Februari 2011

DESAIN PEMODELAN GRAFIK

Diposting oleh febrina tomodachi di Selasa, Februari 01, 2011


Sekarang ini, bayak sekali orang yang tertarik dengan desain pemodelan grafik. karena selain sangat menarik, juga menuntut jiwa seni seseorang. dengan desai grafik, kita bisa mendisain sesuatu yang kita senangi dan bahkan bisa terlihat hidup.  perkembangan desain komputer berkemnbang dengan sangat pesat. contoh perkembangan dari desain grafis yang terus mejelit perkembangannya adalah video game dan animasi. saya sangata tertarik dengan animasi. animasi-animasi yang ada di layar lebar sangat menakjubkan!! milkysmile
yap!! animasi merupakan salah satu kegiatan yang beraitan dengan desain grafis.
ANIMASI

jika kita berbicara tentang animasi,milkysmile tentu kita berpikir ke film-film animasi, yap!animasi merupakan film yang merupakan hasil pengolahan gambar tangan  atau hasil karya tangan manusia dengan bantuan sowftwere-softwere tertentu sehingga menjadigambar yang sangat menarik dan bahkan bisa bergerak.Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-"putar" sehingga muncul efek gambar bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi.
Wayang kulit merupakan salah satu bentuk animasi tertua di dunia. Bahkan ketika teknologi elektronik dan komputer belum diketemukan, pertunjukan wayang kulit telah memenuhi semua elemen animasi seperti layar, gambar bergerak, dialog dan ilustrasi musik.

Proses pembuatan animasi 

asa dua proses pembuatan film animasi, diantaranya dlah secara konvensiaonal dan digital. proses secara konvensional sangat membutuhkan dana yang cukup mahal, sedangkan proses pembuatn digitan cukuk ringan. sedangkan untuk hal perbaikan , proses digital lebih cepatdebandingkan dengan proses kovensional. tom candon seorang animator yang pernah menangani animasi Hercules menaki komputer cukup berperan," perbaiakn secara konvensional untuk 1 klai revivi waktu 2 hari sedangkan secara digital haya memakan waktu berkisar antara 30-45 menit. dalam pengisian suara sebuat film dilakukan sebelum atau sesudah filmya selesai. kebanyakan dubbing dilakukan saat film masih dalam proses, teteapi adang-kadang sepertidalam animasi Jepang , sulih suara dilakuakn setelaj fimnya selesai dibuat.

2 DIMENSI

Clluloid (konvensional)
Teknik Celluoid (kadang-kadang disebut menjadi cell) ini merupakan teknik mendasar dalam pembuatan film animasi klasik. Setelah gambar menjadi sebuah rangkaian gerakan makan gambar tersbut akan ditansfer keatas lembaran transparan (plastik) yang tenbus pandang/ sel (cell) dan diwarnai oleh ink an paint departement. Setelah selesai film tersebut akan direkam dengan kamera khusu, yaitu multiplane didalam ruangan yang serba hitam.
Objek utama yang mengeksploitir gerak dibuat terpisah dengan latar belakang dan depan yang statis. Dengan demikian, latar belakang (background) dan latar depan (foreground) dibuat hanya sekali saja. Cara ini dapat menyiasati pembuatan gambar yang terlalu banyak.
  • Pra-produksi:
    • Konsep,
    • Skenario,
    • Pembentukan karakter,
    • Storyboard,
    • Dubbing awal,
    • Musik dan sound FX
  • Pasca-produksi:
    • Lay out (Tata letak),
    • Key motion (Gerakan kunci/ inti),
    • In Between (Gambar yang menghubungkan antara gambar inti ke gambar inti yang lain)
    • Clean Up (Membersihkan gambar dengan menjiplak)
    • Background (Gambar latar belakang),
    • Celluloid (Ditransfer keatas plastik transparan)
    • Coloring (Mewarnai dengan tinta dan cat).
  • Post-produksi:
    • Composite,
    • Camera Shooting (Gambar akan diambil dengan kamera, dengan mengambil frame demi frame),
    • Editing,
    • Rendering,
    • Pemindahan film kedalam roll film.


Komputer

Setelah perkembangan teknologi komputer di era 80-an, proses pembuatan animasi 2 dimensi menjadi lebih mudah. Yang sangat nyata dirasakan adalah kemudahan dalam proses pembuatan animasi. Untuk penggarapan animasi sederhana, mulai dari perancangan model hingga pengisian suara/dubbing dapat dilakukan dengan mempergunakan satu personal komputer. Setiap kesalahan dapat dikoreksi dengan cepat dan dapat dengan cepat pula diadakan perubahan. Sementara dengan teknik konvensional, setiap detail kesalahan kadang-kadang harus diulang kembali dari awal. Proses pembuatan animasi 2Dimensi digital terdiri dari:
  • Pra-produksi:
    • Konsep,
    • Skenario,
    • Pembentukan karakter,
    • Storyboard,
    • Dubbing awal,
    • Musik dan sound FX
  • Pasca-produksi:
    • Lay out (Tata letak),
    • Key motion (Gerakan kunci/ inti),
    • In Between (Gambar yang menghubungkan antara gambar inti ke gambar inti yang lain)
    • Background (Gambar latar belakang),
    • Scanning
    • Coloring.
  • Post-produksi:
    • Composite,
    • Editing,
    • Rendering,
    • Pemindahan film kedalam berbagai media berupa VCDDVDVHS dan lainnya.

3 DIMENSI

Tiga Dimensi, biasanya digunakan dalam penanganan grafis. 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). Saat ini video card menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card itu sendiri (bukan berasal dari software) untuk mencapai hasil grafik yang lebih realistis dalam memainkan game komputer. Grafik komputer 3D merupakan suatu grafis yang menggunakan 3 titik perspektif dengan cara matematis dalam melihat suatu objek, dimana gambar tersebut dapat dilihat secara menyeluruh dan nyata. Untuk perangkat-perangkat lunak yang digunakan untuk grafik komputer 3D ini banyak bergantung pada aloritma-algoritma.

menurutmu mobil ini nyata ata tidak?? waw!! andai aku punya!!  Photobucket
sepintas mobil ini sangat nyata.. mau punya seperti ini? gampang!! gambar aja!! hahaa! ini adalah salah satu contoh gambar 3D yap!! dengan 3d kita juga bisa menuangkan imajinasi kita.

contoh-contoh sotware yang bisa digunakan untuk membuat animasi adalah sebagai berikut milkysmile skalian download:











0 komentar:

Posting Komentar