Minggu, 30 Oktober 2011

TUGAS 2. Pengantar Bisnis Informatika

Diposting oleh febrina tomodachi di Minggu, Oktober 30, 2011 0 komentar

Kiat-kiat sukses dalam berwirausaha
1. Alasan
Temukan alasan yang kuat mengapa anda ingin berwirausaha. Apakah karena susah cari pekerjaan, atau ingin merasakan menjadi seorang bos, bisa juga ingin mendapatkan penghasilan yang tak terbatas. Alasannya bisa apa saja, yang terpenting semakin kuat alasan anda untuk berwirusaha maka semakin fokus anda pada tujuan anda.
2. Keyakinan Yang Kuat
Anda harus memiliki kepercayaan yang kuat dan positif. Contohnya : anda yakin bahwa anda bisa menjadi seorang wirausaha yang sukses, atau wirausaha itu mudah asal kita tahu caranya. Keyakinan yang positif seperti itulah yang harus anda bangun. Jangan sampai yang negatif yang justru mendominasi pikiran anda. misalnya seperti : saya takut gagal, wirausaha itu perlu bakat, dll. Pikiran negatif seperti itu harus anda singkirkan jauh-jauh.
3. Impian yang Jelas
Anda harus memiliki impian yang jelas. Karena dengan impian itu anda akan termotivasi untuk meraihnya. Jangan takut untuk memiliki impian yang tinggi. Karena semakin tinggi impian anda tentunya akan memberikan daya dorong yang lebih besar pada diri anda. Akan tetapi tetap harus bersikap fleksibel dan jangan sampai impian anda sesuatu yang mustahil bisa dicapai.
4. Penguasaan Ilmu (Belajar)
Dalam memulai wirausaha kita dituntut untuk terus belajar dan memiliki pikiran yang terbuka. Kita bisa belajar dari buku, orang lain yang sudah menjalankan bisnis, ataupun dari seminar-seminar.
5. Aksi
Langkah inilah yang paling penting dalam berwirausaha. Karena tanpa aksi tidak akan ada yang terjadi. Hanya dengan aksi atau tindakanlah kita bisa semakin dekat dengan impian kita.
6. Doa
Langkah yang ke-6 adalah do’a. Karena bagaimanapun kerasnya usaha kita, tetap saja Tuhan jugalah yang menetukan. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha dan berusaha.
Semoga tips ini bisa bermanfaat buat temen-temen yang ingin mulai berwirausaha.

Berwirausaha kedai kopi


Mental wirausaha berbeda dengan jika kita masih dalam kondisi sebagai karyawan yang bekerja di tempat lain. Jika kita menjadi karyawan, kita akan mendapatkan gaji setiap bulan dengan pasti. Tapi berbeda jauh bila kita sudah mulai menjadi pengusaha. Seorang pengusaha tidak pasti penghasilannya setiap hari. Jadi setiap hari, Anda tidak akan pernah tahu berapa pendapatan yang Anda dapatkan. Jiwa ini sangat penting jika kita sudah mulai menjadi pengusaha. Disini kita harus mampu memotivasi diri sendiri agar tidak mudah pantang menyerah dan mempunyai semangat yang tinggi untuk berfikir bagaimana cara agar coffee shop kita selalu mempunyai inovasi dan strategi yang unik dan menarik pengunjung.
Ok, jika sudah mempunyai jiwa wirausaha, lalu apa lagi yang di butuhkan?
Carilah tempat yang sesuai untuk usaha kedai kopi Anda. Untuk mendirikan kedai kopi, tempat yang strategis bukanlah yang utama. Karena terbukti, dimanapun kedai kopi Anda, jika memang mempunyai daya tarik dan keunikan konsep yang spesial, kedai kopi Anda pasti di kunjungi pelanggan Anda. Yang jelas, dalam pemilihan lokasi kedai kopi Anda, yang harus ada adalah fasilitas-fasilitas seperti parkir yang aman, ketersediaan listrik dan air yang mencukupi, tempat yang nyaman dan lain-lain.
Sekarang adalah persiapan modal.  Berapa modal yang harus di siapkan? Tergantung.  Jika kita ingin memulai usaha kedai kopi yang benar-benar dari nol, maka kita akan sulit memprediksi berapa biaya yang akan keluar untuk semua keperluan peralatan dan perlengkapannya.  Tapi jika kita mengambil franchise atau kemitraan kedai kopi dari salah satu usaha coffee shop yang sudah ada, maka Anda bisa menayakan kepada mereka berapa estimasi total biaya karena mereka pasti sudah berpengalaman di awal pembukaan usaha kedai kopi mereka.
           

Sabtu, 15 Oktober 2011

TUGAS 1. Pengantar Bisnis Informatika

Diposting oleh febrina tomodachi di Sabtu, Oktober 15, 2011 0 komentar

Pengertian Franchise
Pengertian franchise adalah duplikasi bisnis yang telah sukses, sehingga bagi mereka yang akan membeli bisnis franchise tidak perlu lagi bersusah payah menjalankan bisnis ini dari awal dan tidak perlu harus jatuh bangun untuk memulai bisnis ini. Mereka hanya menjalankan sistem yang telah berjalan tinggal start up langsung meneruskan bisnis  yang  memang telah teruji keberhasilannya.
Franchise
TAHU BULAT TASIKMALAYA


Tentang TahuBulat.Net

TahuBulat.Net diciptakan pada tahun 2010 untuk memberikan kemudahan bagi anda yang ingin memulai usaha dibidang kuliner, khususnya tahu bulat Tasikmalaya dan tinggal di luar pulau Jawa.
Tahubulat.net tidak hanya melayani permintaan tahu bulat untuk kota di Jawa saja mengingat tingginya animo masyarakat yang tinggal di luar pulau Jawa yang tertarik untuk memulai bisnis kuliner tahu bulat serta tidak banyaknya yang bisa melayani pengiriman ke luar Jawa. Untuk saat ini TahuBulat.net sudah mampu memasarkan tahu bulat ke kota-kota di luar pulau Jawa dan kebeberapa negara di kawasan Asia.

Prospektus TahuBulat.Net

Produk tahu bulat Tasikmalaya bukan sekedar tahu biasa dan bukan pula tahu bulat biasa (tahu yang dibuat bulat-bulat). Tahu bulat ini diolah melalui 2 proses pengolahan, pengolahan pertama proses pembuatan tahu putih, yang kemudian tahu putih ini diolah kembali dengan cara dihancurkan atau dicacah dengan tambahan bumbu-bumbu, kemudian dicetak menjadi bulat-bulat.
Produk tahu bulat Tasikmalaya TahuBulat.net tidak menggunakan bahan pewarna dan bahan pengawet serta dikirim langsung dari pabrik di Tasikmalaya berdasarkan pesanan untuk menjaga agar tetap fresh ketika sampai di tempat anda. Tahu Bulat Tasikmalaya memiliki rasa yang gurih dan aroma yang khas. Sangat unik, enak dan pas disantap tanpa tambahan saus apapun atau dengan tambahan saus, cabe rawit, sambel, kuah bakso bahkan sebagai lauk makan nasi. Tahu bulat Tasikmalaya memiliki tekstur luar yang garing dan empuk di dalam.
Peluang tahu bulat Tasikmalaya sebagai jajanan tradisional Indonesia masih terbuka lebar hal dikarenakan tahu bulat memiliki target pasar yang sangat luas tidak terbatas pada kalangan tertentu. Target pasar tahu bulat tasikmalaya meliputi semua segmen mulai dari kalangan menegah kebawah hingga menengah ke atas dan dari segala usia mulai usia anak-anak sampai orang dewasa adalah segmen tahu bulat.

Mengapa usaha ini bisa bertahan dan berkembang??
1.  1. Tahu bulat tasikmalaya memeberikan paket-paket bonus yang mengundang pengusaha lain untuk ikut    bergabung. Seperti jika ingin bergabung, dan memilih paker starter, maka akan mendapat gerobak penjualan dengan harga miring. Dan juga mendapat blackberry.



2.     2.  Memiliki social network sehingga memudahkan untuk mempublikasikan produknya.


3.      3. Menyediakan berbagai produk tahu


4.     4.  Menyediakan berbagai jalur untuk bergubung dengan bisnis tersebut, dengan harga sesuai paket yang dipilih.
5.   5. Menampilkan proyeksi penjualan secara transparan sehingga tidak meragukan pebisbis untuk ikut bergabung.


Keunggulan dan kekurangan website tahu bulat tasikmalaya tersebut:

Dari segi informatika
Keunggulan website tahu bulat tasikmalaya tersebut:
1.      1. Penampilan web yang simple dan memudahkan pengguna untuk mengerti tujuan web tersebut
2.        2.  memiliki menu-menu yang penting dan sering dibutuhkan. Seperti kontak, tentang tahu bulat, dll.
3.      3.   Penampilan tahu bulat yang menarik.
4.      4.  Web tersebut tidak memuat iklan-iklan yang tidak berhubungan.
55.    5. Informasi yang disediakan sangat lengkap.
6.       6. Menyediakan tempat bagi pengunjung untuk bertanya secara langsung.


Kekurangan website tahu bulat tasikmalaya tersebut:
1.      Terdapat beberapa menu yang ditampilkan 2 kali. Dan itu tidak perlu.
2.      Tidak menampilkan sebagaian besar produk yang dimiliki.
3.      Tampilan warna dari halaman web tersebut kurang menarik.

Dari segi bisnis
Keunggulan website tahu bulat tasikmalaya tersebut:
1.   1. Memberikan batas minimum pemesanan. Sehingga tidak merugikan pengusaha. Karena mengirim pesanan 2.juga membutuhkan ongkos kirim.
3.   3. Memberikan berbagai paket dalam bergabung dalam bisnis tersebut yang menarik.
3.      4. Memberikan harga khusus distributor.